Gustriani, Maria (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN FISIKA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123311017 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 5123311017 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. NIM. 5123311017 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 5123311017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 5123311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 5123311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 5123311017 TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5123311017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 5123311017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM. 5123311017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 5123311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya Hubungan yang
positif dan berarti antara Penguasaan Fisika Terhadap Hasil Belajar Mekanika
Teknik. 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar
Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. 3) Adanya Hubungan yang positif dan
berarti antara Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar
Mekanika Teknik.
Instrument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan, dilanjutkan dengan uji
validitas, dan reliabilitas. 1) Hasil uji coba tes Penguasaan Fisika diperoleh 32
butir soal dari 40 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas
= 0,867 dan termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba angket Disiplin
Belajar 26 butir soal dari 31 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien
reliabilitas = 0,902 dan termasuk kategori sangat tinggi. 3) Hasil uji coba tes Hasil
Belajar Mekanik Teknik 19 butir soal dari 30 butir soal yang diuji cobakan
dengan koefisien reliabilitas = 0,828 dan termasuk kategori sangat tinggi.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat
Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika terhadap hasil belajar
Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx1y = 0,539 > rtabel = 0,334 dan thitung =
3,674 > ttabel = 1,692 dan korelasi parsial diperoleh rxy12 = 0,507 > rtabel = 0,334
dan thitung = 3,331 > ttabel= 1,692. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti
antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar
korelasi rx2y = 0,729 > rtabel = 0,334 dan thitung = 6,110 > ttabel = 1,692 dan dari
korelasi parsial diperoleh rxy21 = 0,714 > rtabel = 0,334 dan thitung = 5,761 > ttabel =
1,692. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika
dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar
korelasi ganda diperoleh rhitung > rtabel, Rxy = 0,651 > 0,334. Dengan demikian
Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar Mempunyai Hubungan yang positif dan
berarti terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-BAN 020 |
Keywords: | Penguasaan Fisika, Disiplin belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 02:43 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23565 |