Sitorus, Tunggul (2007) HUBUNGAN SUPERVISI DAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 055030511 Cover - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. 055030511 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
4. 055030511 Bab I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
2. 055030511 Abstrak.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 055030511 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. 055030511 Bab V.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi dengan kinerja guru, hubungan aktualisasi diri dengan kinerja guru, dan hubungan antara supervisi dan aktualisasi din secara bersama-sama dengan kinerja guru biologi SMA Negeri di Kota Medan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karma meiihat hubungan antar variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru biologi SMA Negeri di Kota Medan yang berjumlah 86 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 60 orang atau 69,77 % dari populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel supervisi dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,744, aktualisasi diri dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,777, dan kinerja guru dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,794.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). Terdapat hubungan positif yang berarti supervisi dengan kinerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7848 atau r2 = 0,6159 dan thitung = 9,64 > t tabel = 1,67 dengan dk = 58 pada taraf signifikan α = 0,05, (2). Terdapat hubungan positif yang berarti aktualissai diri denga.-1 kinerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7714 atau r2 0,5951 dan thitung = 9,23 > ttabel = 1,67 dengan dk = 58 pada taraf signifikan α = 0,05, (3). Terdapat hubungan positif yang berarti antara supervisi dan aktualisasi diri secara bersama-sama dengan kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8160, dengan indeks determinasi sebesar R2 = 0,6659 yang berarti bahwa 66,59 % kinerja guru biologi SMA Negeri di Kota Medan dapat dijelaskan dengan variabel supervisi dan aktualisasi diri secara bersama-sama melalui persarnaan garis regresi ganda Y = 9,59 + 0,45X1 0,36X2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.144 Sit h |
Keywords: | Supervisi; Aktualisasi diri; Kinerja guru; Student teacher-supervision; Teacher effectiveness |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 23:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2354 |