Yolanda, Ade (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MEDIA POWER POINT KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123311001 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 4123311001 APPRVOL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 4123311001 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 4123311001 PREVACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 4123311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 4123311001 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 4123311001 TABLE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 4123311001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM. 4123311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
13. NIM. 4123311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 4123311001 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research),yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP St Petrus Medan yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 20 orang siswa (62,5%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 69,68. Pada siklus II diperoleh 30 orang siswa (93,75%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 83,64. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 10 orang siswa (31,25%) dan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 13,96. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus II tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik.Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitiantersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-4 SMP St Petrus Medan T.A 2016/2017 sehingga pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 045 |
Keywords: | Powerpoint pembelajaran problem based learning; Kemampuan pemecahan masaah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Mar 2017 03:32 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23537 |