Wasni, Nila Zusmita (2016) KAJIAN PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP KELESTARIAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG ANTARA MASYARAKAT DAN SISWA SMP DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146173016 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 8146173016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM. 8146173016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8146173016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. NIM. 8146173016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 8146173016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM. 8146173016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 8146173016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8146173016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM. 8146173016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM. 8146173016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, persepsi, sikap siswa SMP dan masyarakat terhadap ekosistem terumbu karang. Penelitian dilaksanakan pantai Binasi, Sorkam Tapanuli Tengah. Data diproleh dengan bantuan instrumen tes dan intrumen kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan siswa terhadap ekosistem terumbu karang diperoleh skor 31,79 ± 9.44. Persepsi siswa diperoleh skor 31,81 ± 3.57. Sikap siswa diperoleh skor 30,97 ± 4.53. Skor pengetahuan siswa laki-laki diperoleh skor rata-rata 31,73 ± 8.67. Skor pengetahuan siswa perempuan diperoleh skor rata-rata 31,84 ±10.22. Skor persepsi siswa laki-laki diperoleh skor rata-rata 32,05 ±2.88. Skor persepsi siswa perempuan diperoleh skor rata-rata 31,58 ±4.14. Skor sikap siswa laki-laki diperoleh skor rata-rata 30,57 ± 4.52. Skor sikap siswa perempuan diperoleh skor rata-rata 31,37 ± 4.55. Pengetahuan masyarakat terhadap ekosistem terumbu karang diperoleh skor rata-rata 43,33 ±6.87. Persepsi masyarakat diperoleh skor rata-rata 32,27 ± 2.30. Sikap masyarakat diperoleh skor rata-rata 34,17 ± 5.20.Tidak terdapat perbedaan pengetahuan siswa laki-laki dan perempuan tentang ekosistem terumbu karang (t= 0,066; P= 0,947). Tidak terdapat perbedaan persepsi siswa laki-laki dan perempuan tentang ekosistem terumbu karang (U=1.660,000; P= 0,712). Tidak terdapat perbedaan sikap siswa laki-laki dan perempuan tentang ekosistem terumbu karang (t= 0,933; P= 0,353). Pengetahuan dengan persepsi siswa tentang ekosistem terumbu karang terdapat hubungan yang sedang dan positif (0,295). Pengetahuan dengan persepsi siswa tentang ekosistem terumbu karang terdapat hubungan yang sedang dan positif (0,251). Persepsi dengan sikap siswa terrhadap ekosistem terumbu karang terdapat hubungan yang sedang dan positif (0,394). Pengetahuan dengan persepsi masyarakat terhadap ekosistem terumbu karang terdapat hubungan yang sedang dan positif (0,259). Pengetahuan dengan sikap masyarakat terdapat hubungan yang lemah dan positif (0,101). Persepsi dengan Sikap masyarakat terdapat hubungan yang sedang dan positif (0,204). Selain itu, ditemukan juga bahwa terdapat perbedaan pengetahuan tentang terumbu karang yang signifikan antara siswa dengan masyarakat (t= -6.262; P= 0.00). Terdapat perbedaan persepsi terhadap terumbu karang yang signifikan antara siswa dengan masyarakat (U=1.749,000; P= 0,788). Terdapat perbedaan sikap terhadap ekosistem terumbu karang yang signifikan antara siswa dengan masyarakat (U= 2.533,000; P= 0,000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.778 907 1 Was k |
Keywords: | Pengetahuan ekosistem; Persepsi; Sikap; Siswa; Masyarakat; Terumbu karang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 07:48 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23497 |