Sitepu, Etri Monica Br. (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN RAMBUT DASAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5123344011 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5123344011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5123344011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5123344011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5123344011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5123344011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5123344011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5123344011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5123344011 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
5123344011 BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5123344011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel menggunakan strategi konvensional berbantuan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar pada siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid pararel kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian menggunakan quasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 67 orang siswa yaitu kelas XI Tata kecantikan A berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI tata kecantikan B sebagai kelas Kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan dari 5 orang yang berkompeten dalam hal pemangkasan rambut dasar solid parallel. Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan uji persyaratan normalitas data dan homogenitas data. Dari hasil uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh L_o=0,1329<L_tabel=0,1566 sehingga data berdistribusi normal. Uji normalitas data kelas control diperoleh L_o=0,0918<L_tabel=0,1498 sehingga data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data diperoleh F_tabel=1,81>F_hitung=1,39 sehingga kedua varians data penelitian adalah sama atau homogeny. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid parallel dengan menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar berada pada kategori tingggi (71,88%). Hasil belajar pemangkasan rambut dasar solid parallel dengan pembelajaran konvensional berbantuan media gambar berada pada kategori cukup (59,38%). Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=4,85 dan t_tabel=2,00 dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 65 sehingga t_hitung<t_tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran quantum teaching berbantuan media gambar terhadap hasil belajar pemangkasan solid pararel siswa kelas XI SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 025 |
Keywords: | Strategi pembelajaran quantum teaching; Media gambar; Hasil belajar pemangkasan rambut dasar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 03:48 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23479 |