Simanjuntak, Fris Eni (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MERUBAH LETAK KUP SISWA SMK RK BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113143013 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5113143013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. NIM 5113143013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 5113143013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM 5113143013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 5113143013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 5113143013 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 5113143013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 5113143013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM 5113143013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 5113143013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar merubah letak kup pola badan dalam garis kombinasi garis princess dan empire siswa kelas X SMK RK Bintang Timur Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu, kesulitan belajar siswa dalam merubah letak kup pada mata pelajaran membuat pola (pattern making). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK RK Bintang timur Pematangsiantar. Jumlah sampel 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi/pengamatan, sebanyak 5 orang pengamat, 3 pemangmat berprofesi sebagai dosen tata busana dan 2 pengamat berprofesi sebagai guru bidang studi. untuk mengukur kesulitan belajar merubah letak kup Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik elementary statistic (statistik dasar) yang digambarkan dalam bentuk persentase. Rata-rata hasil penelitian dari 5 orang pengamat kemudian di kategorikan sangat baik dengan skor 4, baik dengan skor 3, cukup dengan skor 2 dan kurang dengan skor 1. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan pengamatan yang dilakukan pada kesulitan belajar siswa dalam merubah letak pada kup kombinasi garis hias princess dan empire yang dinilai oleh lima observer (pengamat) diperoleh rata-rata (M) = 59 Dengan standard deviasi (SD)= 3,69 dengan nilai tertinggi (MAX) 97dan nilai terendah (MIN) 44. Hasil perhitungan pengamat , setelah besaran Fo dikonsultasikan terhadap Ftabel pada taraf signifikan 5% dengan dk 4:21 di peroleh 2,87 ternyata fo= 0,17 < Ftabel demikian dapat di simpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil penilaian (skor) dari kelima pengamat. Sesuai dengan hasil uji kesepakatan pengamat, maka kelima pengamat atau observer dapat digunakan untuk menggumpulkan data dalam penelitian. Dari keseluruhan sample yang terendah indikator ke 4 yaitu pengguntingan garis hias princess dan empire sedangkan yang paling tinggi terdapat pada indikator ke 2 yaitu ketepatan garis princess.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BUS 012 |
Keywords: | Analisa kesulitan belajar; Merubah letak kup |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Mar 2017 03:27 |
Last Modified: | 02 Mar 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23474 |