Wijanarko, Wahyu (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGGUNAAN ALAT UKUR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121121005 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5121121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 5121121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 5121121005 PREPACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 5121121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5121121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 5121121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5121121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5121121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM. 5121121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5121121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada Kompetensi Dasar Teknik Penggunaan Alat Ukur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada Kompetensi Dasar Teknik Penggunaan Alat Ukur di kelas X TSM SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TSM2 SMKN 4 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Alat Ukur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan post-tes dan lembar pengamatan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh Persentase hasil belajar siswa secara klasikal 73,33% dengan persentase aktivitas belajar siswa 73,3%. Serta Nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,83 dan persentase aktivitas guru 72%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, persentase hasil belajar siswa secara klasikal meningkat yaitu 86,67%. dengan persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,8% dengan Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,00 dan persentase aktivitas guru 86,36%. dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Teknik Penggunaan Alat Ukur pada siswa kelas X TSM SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2016/2017.