Panjaitan, Henni Siswanti (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBUAT BONEKA DARI KAIN FLANEL PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113143016 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2.NIM. 5113143016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. NIM. 5113143016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 5113143016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 5113143016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
6. NIM. 5113143016 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 5113143016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 5113143016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM. 5113143016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
13. NIM. 5113143016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
14. NIM.5113143016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui hasil belajar siswa membuat boneka dari kain flanel dengan menerapkan model pembelajaran Modeling The Way pada mata pelajaran siswa kelas X- IPS SMA Sultan Iskandar Muda. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Modeling The way pada siswa kelas X – IPS SMA Sultan Iskandar Muda. Dalam pelaksanaan tindakan guru dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan adalah strategi yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart Strategi ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS SMA Sultan Iskandar Muda, Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Uji kesepakatan pengamat didapat dengan membandingkan besar F Hitung dengan F Tabel pada taraf signifikan 5 %, diperoleh F Hitung = 0,0089< F Tabel=2,43, sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan dari kelima pengamat serta memiliki pemahaman yang sama dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, maka diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 85,30% dari 34 orang siswa memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 40,30% dari hasil belajar sebelumnya. Dan aktivitas siswa pada siklus I pada kriteria aktif (51,43%) dari 18 orang siswa.
Sehingga tidak perlu dilakukan siklus ke II karena hasil belajar siswa secara klasikal sekurang kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran prakarya membuat boneka dari kain flanel dan berdasarkan siklus I yang telah dilakukan maka dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar siswa meningkat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Modeling The way dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Sultan Iskandar Muda. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, dapat dilihat bahwa penerapan Model Pembelajaran Modeling The Way baik digunakan di SMA Sultan Iskandar Muda terutama dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan kopetensi dasar mebuat boneka dari kain flanel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKK 004 |
Keywords: | Penerapan model pembelajaran modeling the way; Membuat boneka dari kain flanel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 03:58 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23397 |