Hutajulu, Diana (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP YAPIM BIRU-BIRU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106122005 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 8106122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 8106122005 ASBTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM. 8106122005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 8106122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8106122005 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8106122005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8106122005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8106122005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. NIM. 8106122005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM. 8106122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif TGT, (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa yang berasal dari kelas VIII SMP YAPIM Biru-Biru, sedangkan sampel berjumlah 78 siswa yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu diberikan tes motivasi berprestasi untuk membedakan motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dengan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujicobakan, terdapat 33 soal yang memenuhi persyaratan. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dengan Lilifors dan uji homogenitas varians dengan uji Barlett dan uji Fisher. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif TGT, hal ini ditunjukkan oleh F_hitung = 4,013 > F_tabel = 3,972 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk=(1,74), (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, hal ini ditunjukkan oleh F_hitung = 40,971 > F_tabel = 3,972 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk=(1,74), (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika yaitu F_hitung = 4,152 > F_tabel = 3,972 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk=(1,76). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan strategi pembelajaran kooperatif TGT lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Hut p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Matematika; Motivasi berprestasi; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 02:07 |
Last Modified: | 01 Mar 2017 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23377 |