Susilo (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA KELAS VI SD/MI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146122045 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM.8146122045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
3. NIM. 8146122045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 8146122045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM. 8146122045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 8146122045 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 8146122045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8146122045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8146122045_CHAPTER_1.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13.NIM. 8146122045_CHAPTER_5.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 8146122045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Studi ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash Propesional 8 yang berkualitas pada mata pelajaran matematika materi geometri untuk siswa kelas VI MIN Padang Bulan Rantauprapat yang layak digunakan dalam pembelajaran (2) mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash Propesional 8 pada mata pelajaran matematika materi geometri untuk siswa kelas VI MIN Padang Bulan Rantauprapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir.Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi mata pelajaran Matematika, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan tiga puluh siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media interaktif menunjukan validasi ahli menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Sangat Baik” dan uji kelayakan menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Sangat Baik”. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 86,55 lebih tinggi dari konvensional sebesar 74,55.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sus p |
Keywords: | Media pembelajaran; Media buku teks; Macromedia flash 8.0; Pembelajaran interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 07:34 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23366 |