Susanti, Susi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM’S ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X AP SMK NEGRERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141142 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 7123141142 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. NIM 7123141142 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM 7123141142 KNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 7123141142 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 7123141142 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 7123141142 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. NIM 7123141142 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM 7123141142 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 7123141142 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 7123141142 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Korespondensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Student
Team’s Achievement Divisions Terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas
X AP SMA Negeri 6 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di
Jl.Jambi No 23, Medan. Jenis penelitian quasi ksperimen. Populasi penelitian ini
terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 106 orang. Dari populasi populasi dipilih
2 kelas dan dijadikan sampel. Kelas X AP-1 sebagai kelas eksperimen I dengan
jumlah siswa 38 orang dan kelas X AP-2 sebagai kelas eksperimen II dengan
jumlah siswa 36 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes
pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan
standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan
model pembelajaran PBL lebih tinggi serta berpengaruh positif dan signifikan
daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model STAD. Hasil uji
statistik juga menunjukkan hal yang sama, yakni H0 ditolak dan Ha diterima. Pada
kelas ekperimen I, rata-rata pre-test sebesar 47,76, standar deviasi = 10,63 dan
post-test sebesar 81,57, standar deviasi 6,48, sedangkan pada kelas eksperimen II,
rata-rata pre-test sebesar 47,5, standar deviasi = 12,10 dan post-test sebesar 70,13
standar deviasi = 9,29. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu
6,173>1,7 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang diajarkan denan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning lebih berpengaruh positif dan
signifikan daripada pembelaaran yang diajarkan dengan model Student Team’s
Achievement Divisions(STAD) terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X
AP SMA Negeri 6 Medan T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 008 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model pembelajaran Student Team’s Achievement Divisions |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 06:36 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23362 |