Sinaga, Rio Chapwell (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121060 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 4123121060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. NIM 4123121060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
5. NIM 4123121060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 4123121060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM 4123121060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM 4123121060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM 4123121060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
10. NIM 4123121060 BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
14. NIM 4123121060 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
15. NIM 4123121060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian arus searah kelas XII semester I di SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas XII-IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 20 lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Pengujian data pretest dari kedua kelas menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini dilakukan observasi aktivitas siswa, dimana tiap pertemuan ada peningkatan nilai aktivitas dan diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I hingga Pertemuan III dengan kategori aktif.
Dari hasil pengujian t terhadap nilai postest dari kedua kelas terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok rangkaian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2017FIS046 |
Keywords: | kooperatif tipe group investigation; pembelajaran konvensional; aktivitas belajar siswa; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 04:06 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23348 |