Ainsyah (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBASIS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171002 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8146171002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 8146171002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 8146171002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 8146171002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8146171002 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 8146171002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM. 8146171002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM. 8146171002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
13. NIM. 8146171002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 8146171002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Validitas perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya Aceh (PBM-BBA) yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe; 2) Efektivitas perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya Aceh (PBM-BBA) yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe; 3) Peningkatan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah berbasis budaya Aceh (PBM-BBA); 4) Analisis kesalahan jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VIII-8 dan kelas VIII-9 SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,30, buku siswa = 4,40, LAS = 4,42; 2) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c)ketercapaian waktu pembelajaran minimal sama dengan pembelajaran biasa; dan d) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 3) Peningkatan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 4) Analisis kesalahan siswa kategori konseptual pada uji coba I sebesar 34% dan pada uji coba II sebesar 26%, sedangkan kesalahan siswa pada kategori prosedural pada uji coba I sebesar 22% dan pada uji coba II sebesar 18%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ain p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model 4-D; PBM-BBA; Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Feb 2017 02:47 |
Last Modified: | 28 Feb 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23337 |