Rahmawati (2017) PENGEMBANGAN KAMUS MIKROBIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146173019 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 8146173019 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 8146173019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 8146173019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 8146173019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM 8146173019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 8146173019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8146173019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8146173019 BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. 8146173019 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. 8146173019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kamus mikrobiologi berbasis kontekstual pada mata kuliah mikrobiologi berdasarkan standar BNSP.Bahan ajar berupa kamus yang menjadi pedoman mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah mikrobiologi. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Biologi FMIPA UNIMED pada bulan Maret–Oktober 2016, dengan model pengembang Thiagarajan (4–D) yang telah dimodifikasi terdiri dari 3 yaitu tahap pertama pendefenisian yang meliputi: analisis awal akhir, analisis mahasiswa, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap kedua perancangan, yang terdiri dari: penyusunan materi, pemilihan format, dan perencanaan awal. Tahap ketiga adalah pengembangan, terdiri dari: penilaian dosen pembimbing, validasi oleh ahli materi, desain, dan bahasa, uji terbatas, dan perangkat final. Produk yang dihasilkan berupa kamus mikrobiologi yang digunakan mahasiswa semester VI Pendidikan Biologi FMIPA UNIMED. Bahan ajar disusun menjadi sebuah Kamus Mikrobiologi Berbasis Kontekstual yang dinilai layak oleh tim validasi. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan rata–rata 89,40% kategori sangat layak, dan tim ahli desain menunjukkan rata–rata 90% katagori sangat layak, dan tim ahli bahasa 85,78% katagori sangat layak. Uji kelompok terbatas oleh dosen mikrobiologi mendapat hasil 88,29% katagori sangat sesuai dan 35 mahasiswa semester VI Pendidikan Biologi FMIPA UNIMED menilai 84,34% kamus mikrobiologi berbasis kontekstual pada mata kuliah mikrobiologi yang disusun menarik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.03 Rah p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Kamus mikrobiologi; Berbasis kontekstual |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 09:31 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23326 |