Mardiana (2016) ANALISISIS KOMPETENSI GURU BIOLOGI SMA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174024 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8146174024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 8146174024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8146174024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8146174024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 8146174024 TABLE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8146174024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8146174024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8146174024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. NIM. 8146174024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8146174024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru biologi SMA di kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini melibatkan seluruh SMA di Kabupaten Aceh Tamiang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang guru biologi SMA di Kabupaten Aceh Tamiang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, angket dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru biologi Aceh Tamiang untuk kompetensi pedagogik guru biologi SMA di Kabupaten Aceh Tamiang memiliki kategori baik dengan nilai tertinggi untuk komunikasi dengan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran (83,09%), sedangkan nilai terendah pada pengembangan kurikulum (77.33%). Hasil kompetensi profesional guru dalam kemampuan menyelesaikan soal berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) persentase tertinggi ada pada SKL No.3 yang membahas tentang menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem dengan persentase 81,37%. Sedangkan yang terendah pada SKL yang membahas proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis 52,35%. Hasil kompetensi kepribadian guru biologi SMA di Aceh Tamiang baik (88,7%). Nilai tertinggi 91,14% untuk aspek menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri dan terendah 87,40% untuk aspek menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat .Hasil untuk kompetensi sosial guru biologi di Aceh Tamiang baik(89,40%),. Tertinggi untuk aspek berdaptasi di tempat bertugas di seluruh indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya (93,14%) dan terendah 80% untuk berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Mar a |
Keywords: | Analisis; Kompetensi; Guru biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 09:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23324 |