PENERAPAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMA

Purba, Purba Diamanson (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8106172014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8106172014 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8106172014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8106172014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8106172014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8106172014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8106172014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8106172014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8106172014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8106172014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8106172014 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8106172014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8106172014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8106172014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8106172014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8106172014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8106172014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8106172014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8106172014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8106172014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem, (2) mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem, (3) mendeskripsikan kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem, (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem, (5) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran selama pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem berlangsung dan (6) mengetahui proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal melalui penerapan pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X7 SMA Swasta GKPS 1 Pamatang Raya Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 30 orang dengan objek penelitian adalah penerapan pmbelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematika siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) tes kemampuan koneksi matematika dan (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (4) Lembar Aktivitas Siswa (LAS), (5) lembar observasi. Seluruh instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh pakar dan diujicobakan di lapangan, hasilnya disimpulkan bahwa : (1) seluruh butir tes adalah valid dan memiliki tingkat reliabilitas dengan kategori baik, (2) RPP, Lembar Aktivitas Siswa (LAS), lembar observasi telah divalidasi oleh pakar dan dinyatakan layak digunakan dalam penelitian. Penelitian terdiri dari dua siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tindakan siklus I dan II : (1) Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebesar 60.00% siswa memiliki tingkat kemampuan minimal sedang, pada siklus II sebesar 90,00%. Artinya ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 30,00%; (2) Hasil tes kemampuan koneksi matematika siswa siklus I sebesar 66,67% siswa memiliki tingkat kemampuan minimal sedang, pada siklus II sebesar 93.33 %. Artinya ada peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 26.66%; (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem pada siklus I adalah 93,33% dan II adalah 95,12 % termasuk dalam kategori respon positif. (4). Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan koneksi matematika siswa. Selain itu, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem dapat meningkatkan aktifitas aktif dan respon siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian yang menjadi saran selanjutnya : (1) kepada lembaga terkait dapat mensosialisasikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematika siswa, (2) kepada guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem pada pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif, (3) kepada peneliti lain dapat melanjutkan penelitian pada pokok bahasan dan kemampuan matematik yang lain dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan open ended problem.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Pur p
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; Open ended problem; Pemecahan masalah; Koneksi matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:59
Last Modified: 27 Feb 2017 08:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item
View Item