Lumbantoruan, Jack Montana (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA MODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111043 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 6123111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 6123111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 6123111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 6123111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM. 6123111043 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 6123111043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6123111043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6123111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM. 6123111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 6123111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatan hasil
belajar lempar lembing melalui pendekatan saintifik dan media modifikasi pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir
Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas
dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 32 siswa, 14 siswa
laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar penilaian proses lempar lembing.
Berdasarkan hasil data awal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar
Narumonda Kabupaten Toba Samosir. Dari 32 siswa terdapat 11 siswa (34,37%)
yang tidak tuntas dan 21 siswa (65,63) yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 2,38. Hasil dari siklus I terdapat
11 siswa (34,37%) yang tidak tuntas dan 21 siswa (65,63%) dari 32 siswa yang
telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa
2,57. Di siklus II terdapat 3 siswa (9,38%) yang tidak tuntas dan 29 siswa
(90,62%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan
nilai rata-rata 2,79. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥85%) telah
tercapai.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Melalui Penerapan
pendekatan saintifik dan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar
lempar lembing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda
Kabupaten Toba Samosir Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 028 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atletik, Lempar Lembing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:29 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23279 |