Siregar, Indah Fitriani (2017) PENGARUH MEDIA VIDEO KLIP KISAH KASIH DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113111039_COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 2113111039_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 2113111039_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 2113111039_PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 2113111039_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 2113111039_TABLE OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 2113111039_ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 2113111039_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2113111039_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM. 2113111039_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 2113111039_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video klip kisah kasih di sekolah dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 473 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling (acak kelas) yaitu kelas X IS 2 yang berjumlah 32 siswa.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil menulis cerpen sebelum menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah dan hasil kemampuan menulis cerpen setelah menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah. Adapun nilai rata-rata hasil pre-test sebelum menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah = 64,37, standar deviasi=9,81 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 40,625%, kategori cukup sebanyak 43,75%, dan kategori kurang 15,625%. Dari hasil uji data diketahui keduanya berdistribusi normal. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test setelah menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah =78,75, standar deviasi=10,39, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 34,375%, kategori baik sebanyak 53,125% dan kategori cukup sebanyak 12,5%. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,63, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dengan dk= (N-1) = (32-1) = 31. Dari dk =31 diperoleh taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=2,04. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,63>2,04 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 019 |
Keywords: | media video klip kisah kasih di sekolah, menulis cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 02:35 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23258 |