Manik, Ida Safitri (2017) PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR ATOM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 SALAK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4123331018 cover.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2.NIM 4123331018 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4.NIM 4123331018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM 4123331018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 4123331018 DAFTAR ISI (2).pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM 4123331018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 4123331018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM 4123331018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
10. NIM 4123331018 bab I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
14. NIM 4123331018 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
3. NIM 4123331018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media power point
terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Sturuktur Atom menggunakan
Problem Based Learning . Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X SMA
Negeri I Salak Pakpak Bharat T.A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Salak Pakpak Bharat yang terdiri dari
6 (enam) kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masingmasing
berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal.
Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model problem based learning
dengan mengunakan media power point, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan
model problem based learning tanpa menggunakan media power point. Penelitian
ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data
hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua
kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data
menunjukkan siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 38,2
dan postest 76,8. Sedangkan siswa pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai
pretest 38,8 dan postest 67,2. Uji hipotesis pertama dilakukan dengan
menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 4,1065;
ttabel = 1,6827 untuk α = 0,05 dan db = 46. Dengan demikian thitung > ttabel, maka H0
ditolak dan Ha diterima yakni ada pengaruh media Power Point terhadap hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode belajar Problem Based
Learning pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Salak..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 014 |
Keywords: | Problem Based Learning, Power Point, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 05:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23251 |