PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017

Nainggolan, Vivi Piolita (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4123121080 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4123121080 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4123121080 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4123121080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4123121080 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4123121080 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4123121080 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4123121080 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4123121080 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4123121080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.412121080 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM.412121080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4123121080 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4123121080 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.4123121080 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM.4123121080 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4123121080 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4123121080 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4123121080 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4123121080 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4123121080 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4123121080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT
Teladan Medan .
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan
model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model
project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan
standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas
kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test
61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi
yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05
artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 5,52 > ttabel 1,67).
Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58
tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan
ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT
Teladan Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 041
Keywords: model project based learning, hasil belajar, listrik arus searah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Feb 2017 03:21
Last Modified: 25 Feb 2017 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23235

Actions (login required)

View Item
View Item