Nainggolan, Vivi Piolita (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH KELAS XII SEMESTER I SMASWASTAYPT TELADANMEDANT.P2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123121080 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM.4123121080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM.4123121080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM.4123121080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM.4123121080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM.412121080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM.4123121080 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8.NIM.4123121080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM.4123121080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM.4123121080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM.4123121080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik arus searah di SMA Swasta YPT
Teladan Medan .
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas XII IPA Semester I yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
cara class random sampling. Kelas XII-IPA I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan
model project based learning dan kelas XII-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah soal-soal tes hasil belajar berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model
project based learning diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 18,46 dengan
standard deviasi 7,76 dan nilai rata-rata post-test 70,24 dengan standard deviasi 13,62. Kelas
kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas kontrol yaitu 18,38 dengan standard deviasi 7,14 dan nilai rata-rata post-test
61,29 dengan standard deviasi 13,47. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi
yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,52 sedangkan ttabel adalah 1,67 pada taraf nyata 0,05
artinya 95 % Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 5,52 > ttabel 1,67).
Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 62,58
tergolong aktif dan mengalami peningkatan setiap pertemuan. Sehingga diperoleh kesimpulan
ada pengaruh yang berarti Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah Kelas XII semester I SMA Swasta YPT
Teladan Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 041 |
Keywords: | model project based learning, hasil belajar, listrik arus searah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Feb 2017 03:21 |
Last Modified: | 25 Feb 2017 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23235 |