Syahfitri, Dina (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERDASARKAN ANALISIS CAMPUR KODE PADA PENUTUR BAHASA BATAK ANGKOLA DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 8146191004 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 8146191004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM 8146191004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
4. NIM 8146191004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
5. NIM 8146191004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
6. NIM 8146191004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
7. NIM 8146191004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
8. NIM 8146191004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
9. NIM 8146191004 BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM 8146191004 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 8146191004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan analisis campur kode siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan, (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. (3) keefektipan bahan ajar Bahasa Indonesia itu terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia uji siswa yang melakukan campur kode. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dengan sepuluh langkah pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall. Metode penelitian terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) Uji coba perorangan, (4) Uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba lapangan terbatas; dan menghitung nilai materi menulis karangan narasi yang dikembangkan.
Subjek uji coba terdiri dari tiga ahli materi pelajaran bahasa Indonesia, tiga ahli desain pembelajaran, empat sisswa untuk uji coba perorangan, sepuluh siswa untuk uji kelompok kecil dan 40 siswa untuk uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teks analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar Bahasa Indonesia untuk pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan analisis campur kode yang dikembangkan pada materi karangan narasi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan memenuhi syarat dan layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 82,42 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 83,56% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 85,19% pada kriteria sangat baik, dan validasi ahli desain dengan rata-rata 88,71% pada kriteria sangat baik.
Penggunaan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan analisis campur kode lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan lebih tinggi dengan rata-rata 75,38 dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan modul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Sya p |
Keywords: | campur kode, Bahasa Batak Angkola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 May 2023 01:50 |
Last Modified: | 19 May 2023 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23220 |