Hutasoit, Lena Manti (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MEMANFAATKAN PANEL DAN WIRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121122003 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 5121122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 5121122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 5121122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM. 5121122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5121122003 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 5121122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5121122003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5121122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM. 5121122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 5121122003 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memanfaatkan panel dan wiring untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memanfaatkan panel dan wiring untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 26 siswa (76,47%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 8 siswa (23,52%) lainnya belum tuntas. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 28 siswa (82,35%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (17,64%) lainnya belum tuntas .Presentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,88%. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 005 |
Keywords: | Hasil belajar; Kelistrikan; Jigsaw; Panel; Wiring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 09:02 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23218 |