EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI INDUSTRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Adlini, Mizanina (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI INDUSTRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146174029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146174029 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146174029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146174029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146174029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146174029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146174029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146174029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146174029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146174029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146174029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146174029 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146174029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146174029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146174029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146174029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146174029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146174029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146174029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146174029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146174029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146174029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah terhadap (1) kemampuan memecahkan masalah; dan (2) keterampilan proses sains mahasiswa. Jenis penelitian ini berupa kuasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Biologi Unimed semester 6 dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Kelas eksperimen menggunakan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan buku ajar biasa (konvensional). Instrumen tes berupa soal uraian digunakan untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah dan soal pilihan berganda untuk mengukur keterampilan proses sains mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai dari penggunaan kedua buku tersebut terhadap kemampuan memecahkan masalah (U = 89,5, n1 = 21, n2 = 21, p < 0,05) dan keterampilan proses sains (U = 65, n1 = 21, n2 = 21, p < 0,05) berbeda secara signifikan. Pada kemampuan memecahkan masalah z = -3,296 < -1,96 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh penerapan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa. Pada keterampilan proses sains z = -3,941 < -1,96 yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Mahasiswa menunjukkan tingkat kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses sains yang lebih tinggi saat pembelajaran menggunakan buku ajar mikrobiologi industri berbasis masalah. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa buku ajar mikrobiologi industri berbasis masalah sebagai buku ajar yang lebih efektif untuk kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses sains mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 1 Adl e
Keywords: Mikrobiologi industri; Problem based learning; Buku ajar; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:19
Last Modified: 23 Feb 2017 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23185

Actions (login required)

View Item
View Item