Adlini, Mizanina (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI INDUSTRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174029 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 8146174029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM. 8146174029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM. 8146174029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 8146174029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 8146174029 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 8146174029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 8146174029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM. 8146174029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 8146174029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 8146174029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah terhadap (1) kemampuan memecahkan masalah; dan (2) keterampilan proses sains mahasiswa. Jenis penelitian ini berupa kuasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Biologi Unimed semester 6 dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Kelas eksperimen menggunakan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan buku ajar biasa (konvensional). Instrumen tes berupa soal uraian digunakan untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah dan soal pilihan berganda untuk mengukur keterampilan proses sains mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai dari penggunaan kedua buku tersebut terhadap kemampuan memecahkan masalah (U = 89,5, n1 = 21, n2 = 21, p < 0,05) dan keterampilan proses sains (U = 65, n1 = 21, n2 = 21, p < 0,05) berbeda secara signifikan. Pada kemampuan memecahkan masalah z = -3,296 < -1,96 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh penerapan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa. Pada keterampilan proses sains z = -3,941 < -1,96 yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan buku ajar Mikrobiologi Industri berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Mahasiswa menunjukkan tingkat kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses sains yang lebih tinggi saat pembelajaran menggunakan buku ajar mikrobiologi industri berbasis masalah. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa buku ajar mikrobiologi industri berbasis masalah sebagai buku ajar yang lebih efektif untuk kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses sains mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 1 Adl e |
Keywords: | Mikrobiologi industri; Problem based learning; Buku ajar; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 04:19 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23185 |