Chairunnisa (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MATERI VIRUS DI KELAS X SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141012 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4123141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM 4123141012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM 4123141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM 4123141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM 4123141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 4123141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 4123141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 4123141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. NIM 4123141012 BAB 1.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
14. NIM 4123141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
15. NIM 4123141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan Student Team Achievement Division pada materi pokok virus di Kelas X IPA SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Pretes Postes Grub Design”. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 79 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana Kelas X IPA1 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, dan kelas X IPA2 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah 78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada materi pokok virus di kelas X IPA SMA Dharmawangsa Medan tahun pembelajaran 2016/2017 lebih baik dibandingkan dengan Student Team Achievement Division dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 018 |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Number head together; Student team achievement division |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 08:40 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23157 |