PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2015/2016

Tambunan, Dewi Sartika Br (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4123321014 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4123321014 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4123321014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4123321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4123321014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4123321014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4123321014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4123321014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4123321014 TABLE ON CONTENS.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4123321014 TABLE ON CONTENS.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4123321014  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4123321014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4123321014 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4123321014 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8  NIM 4123321014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123321014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4123321014  CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4123321014 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4123321014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4123321014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123321014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kelas XI IPA 1 dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan , yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 39,42 dengan standar deviasi 12,93 dan rata-rata postes 78 dengan standar deviasi 10,92, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,71 dengan standar deviasi 10,49 dan rata-rata nilai postes 65,14 dengan standar deviasi 10,81. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Hasil pengujian menggunakan uji t, diperoleh thitung = 4,96 dan ttabel =1,669, sehingga thitung > ttabel (4,96 > 1,669) artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis kelas XI semester II SMA Negeri 11 Medan TP. 2015/2016. Aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan juga meningkat. Jadi, aktivitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 011
Keywords: Model pembelajaran; Materi pelajaran; Hasil belajar; Fluida statis; Tekanan hidrostatik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Feb 2017 05:02
Last Modified: 22 Feb 2017 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item
View Item