Utami, Retno (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRIS DI KELAS X SEMESTER II MAN 2 TANJUNG PURA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4123121058 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM 4123121058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3.NIM 4123121058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4123121058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 4123121058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6.NIM 4123121058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4123121058 TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 4123121058 APPENDDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4123121058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13.NIM. 4123121058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4123121058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pada materi Optika Geometris di kelas X MAN 2 Tanjung Pura T.A 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clusster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah, 38 siswa untuk kelas eksprimen dan 39 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator. Nilai sikap siswa, diamati dengan rubrik penilaian sikap. Nilai keterampilan siswa diamati dengan rubrik penilaian keterampilan.
Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok optika geometris kelas X semester II Man 2 Tanjung Pura T.A 2015/2016, didapatkan nilai rata-rata pretes 41,97dan nilai rata-rata postes 66,05. Nilai sikap pada kelas eksprimen didapatkan nilai rata-rata 68,71 (baik), dan nilai keterampilan didapatkan nilai rata-rata 53,62 (cukup baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 018 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran Pemantulan cahaya; Pembiasan cahaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 01:55 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23131 |