Suwarno, Agus (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS VIII MTS SWASTA YPAI MEDAN KECAMATAN MEDAN GLUGUR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111004 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 6123111004 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 6123111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 6123111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 6123111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 6123111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 6123111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 6123111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 6123111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM. 6123111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 6123111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing
menggunakan kaki bagian dalam melalui pendekatan bermain Dalam Sepakbola pada siswa
kelas VIII MTs Swasta YPAI Medan Kec. Medan Glugur.
Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII /A
yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 17 siswa putra dan 15 siswi putri, Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar ( pre-test ) sebelum melakukan passing sepak bola
menggunakan kaki bagian dalam, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
bermain dan mengambil tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II.
Setelah data terkumpul dilakukan analisis : (1) dari hasil pre-test di peroleh 7 peserta
didik (21,8%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 25 peserta didik (78,1%) belum
mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 57,5. Kemudian dilakukan pembelajaran
melalui pendekatan bermain. (2) dari hasil belajar I diperoleh 20 peserta didik (62,5%) yang
telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 peserta didik (37,5%) belum mencapai
ketuntasan belajar, nilai rata-rata 73,7 di siklus I. Kemudian dilakukan evaluasi (3) dari hasil
belajar II diperoleh 28 peserta didik ( 87,5% ) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4
peserta didik ( 12,5% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata 82,03 di
siklus II (4) pada hasil pre-test terdapat 21,8% (7 siswa), hasil belajar I terdapat 62,5% (20 siswa
), pada tes hasil belajar II terdapat 87,5% (28 siswa) yang mencapai ketuntasan belajar.
Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke hasil belajar I
sebanyak 16,2 dan peningkatan nilai rata-rata disiklus I ke siklus II 8,3. Berdasarkan hasil data
dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing
sepakbola dengan menggunakan kaki bagian dalam pada peserta didik kelas VIII MTs Swasta
YPAI Medan Kec. Medan Glugur tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 017 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Sepak Bola, Passing kaki bagian dalam |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23120 |