Silaban, Sartika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS XII SMA NEGERI 1 PAGARAN TAPANULI UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123121069 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2 NIM 4123121069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
3 NIM 4123121069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4 NIM 4123121069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5 NIM 4123121069 TABLE ON CONTENTS.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6 NIM 4123121069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7 NIM 4123121069 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8 NIM 4123121069 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9 NIM 4123121069 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13 NIM 4123121069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14 NIM 4123121069 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah di kelas XII SMA Negeri 1 Pagaran tapanuli Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII semester I SMA Negeri 1 Pagaran T.A 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berdasarkan masalah, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 33 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test uraian sebanyak 10 soal. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah diperoleh rata-rata Pre-test 26,59 dengan standard deviasi 10,71 dan nilai rata-rata Post-test 72,72 dengan standard deviasi 13,96. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 26,81 dan standard deviasi 11.06 sedangkan rata-rata Post-test 60,45 dengan standard deviasi 11,58. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,90 dan ttabel =1,67 (thitung > ttabel = 3,90 > 1,67) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dari hasil analisa data dapat diperoleh hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Arus Searah di kelas XII semester I SMA Negeri 1 Pagaran Tapanuli Utara T.A 2016/2017. Penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas kelas eksperimen pada setiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu pertemuan I rata-rata 68, pertemuan II 79, dan pertemuan III 86 dengan rata-rata keseluruhan adalah 78.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 024 |
Keywords: | Pembelajaran berdasarkan masalah; Hasil belajar; Pembelajaran konvensional; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23119 |