Purba, Azrun Habibi (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111018 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 6123111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM. 6123111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 6123111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 6123111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 6123111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 6123111018 TABLE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 6123111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 6123111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. NIM. 6123111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 6123111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
passing kaki bagian dalam permainan sepak bola melalui pendekatan bermain pada
siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galang tahun ajaran 2016/ 2017. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 yang berjumlah
32 Siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Sumber data berasal dari
guru, siswa dan peneliti. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan
tes hasil belajar yang berbentuk aplikasi pembelajaran passing kaki bagian dalam
pada permainan sepak bola.
Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 62,23 (tidak tuntas), pada test
siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,75 (tidak tuntas), pada
pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,59 (tuntas).
Persentase ketuntasan belajar siswa pada test awal adalah 31,25%, pada test siklus I
meningkat menjadi 59,38% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa
telah mencapai 87,50%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga
test siklus I yaitu 6,52 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I
hingga test siklus II yaitu 11,84 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test
siklus I adalah 28,13 % dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus
II adalah 28,12 %.
Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui pendekatan
bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan
sepak bola pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galang T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 020 |
Keywords: | Sepak Bola, Wasit, Passing kaki bagian dalam |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 07:44 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23115 |