Tarigan, Widyanita Br (2016) PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN RAMBUT SOLID PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123344036 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 5123344036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 5123344036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 5123344036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
5. NIM. 5123344036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 5123344036 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 5123344036 TABLE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 5123344036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
9. NIM. 5123344036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM. 5123344036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 5123344036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pelajaran pemangkasan rambut dasar dan penataan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran pemangkasan solid dan objeknya adalah siswa kelas XI1 dan kelas XI2 Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 10 Medan yang berjumlah 67 siswa. Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 10 Medan yang beralamat di jalan Teuku Cik Ditiro No.57. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan dan teknik pengambilan sample dilakukan dengan total sampling . kelas XI1 Tata Kecantikan yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI2 Tata Kecantikan yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar pemangkasan rambut solid dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas kecendrungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar pemangkasan rambut solid yang tidak menggunakan media video pembelajaran adalah berdistribusi normal dimana Lhitung<Ltabel yaitu -0,5236 lebih kecil 0,498 dan data hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran adalah berdistribusi normal dimana Lhitung<Ltabel yaitu -0,5228 lebih kecil 0,542 dan kedua varins data adalah homogeny karena Fhitung <Ftabel yaitu 1,70 lebih kecil 1,81. Hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 35 siswa yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran menunjukan skor rata-rata yaitu 20,25 dengan hasil persentase sebesar 62,9 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajarkan menggunakan media video pembelajaran menunjukkan skor rata-rata yaitu 25,56 dengan hasil persentase sebesar 68,7 termasuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media video pembelajaran dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6174 > 1,672.Dilihat dari hasil penelitian ini, hasil belajar pemangkasan rambut solid lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media video pembelajaran. Hal ini berarti bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat digunakan sebagai alternative atau variens dalam pembelajran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 011 |
Keywords: | Media video; Hasil belajar; Pemangkasan rambut solid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 03:58 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23098 |