Hutabarat, Dian Abram (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5113121015 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
NIM. 5113121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
NIM. 5113121015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 5113121015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
NIM. 5113121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 5113121015 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM. 5113121015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
NIM. 5113121015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
NIM. 5113121015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
NIM. 5113121015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM. 5113121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi dimana pada kurun waktu dua tahun terakhir persentase jumlah siswa yang tidak tuntas jumlahnya mencapai lebih dari 50%. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan yang beralamat di Jl. Timor No. 36 Medan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan yang berjumlah 28 orang. Subjek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 65,12 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 42,86%. Pada tindakan Siklus I dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example diperoleh nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan menjadi 76,67 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% sedangkan hasil observasi guru dan siswa menunjukkan keaktifan guru sebesar 80,77% dan keaktifan siswa sebesar 78,85%. Setelah dilakukan pembelajaran pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang kembali mengalami peningkatan menjadi 80,83 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89,29% sedangkan hasil observasi guru dan siswa juga mengalami peningkatan dimana persentase keaktifan guru adalah sebesar 88,46% sedangkan keaktifan siswa sebesar 84,62%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 010 |
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Kelistrikan mesin; Konversi energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 03:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23088 |