Simanjuntak, Leta (2016) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BLAZER WANITA SISWA KELAS XI JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101143008 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 5101143008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 5101143008 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 5101143008 PREFACE.PDF - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 5101143008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
6. NIM. 5101143008 TABLES.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5101143008 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5101143008_APPENDICES.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5101143008 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (540kB) | Preview
13. NIM. 5101143008 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5101143008 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola blazer wanita dengan tanpa menggunakan metode problem solving di kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola blazer wanita setelah menggunakan metode problem solving di kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar membuat pola blazer wanita dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti sebanyak tiga kelas dengan jumlah 65 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan beberapa pertimbangan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas XI TB-1 dan Kelas XI TB-2, dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar membuat pola blazer wanita dengan menggunakan metode problem solving diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,86 dan standar deviasi 4,6 dengan memiliki kecenderungan nilai yang tinggi yaitu 43,48%. Sedangkan hasil belajar membuat pola blazer wanita tanpa menggunakan metode problem solving diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dan standar deviasi 6,25 dengan memiliki kecenderungan nilai yang rendah yaitu 41,66 %. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai U1= 546,5 dan U2 pada taraf signifikan 0,005 sebesar 5,5. Dengan demikian U1 > U2 atau 546,5 > 5,5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Blazer Wanita Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Berdasarkan hasil perhitungan di atas, dapat dilihat bahwa Pengaruh Metode Problem Solving baik digunakan di SMK Negeri 1 Laguboti terutama dalam mata pelajaran membuat pola blazer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BSN 006 |
Keywords: | Metode pembelajaran; Problem solving; Membuat pola blazer wanita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 02:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23080 |