Pasaribu, Lamria Hotmaida (2017) STRATEGI GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN YANG EKSPOSITORI MENJADI PEMBELAJARAN YANG INOVATIF (STUDI KASUS SMK NEGERI 1 DOLOKSANGGUL TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133311031 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 3133311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 3133311031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 3133311031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM. 3133311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 3133311031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3133311031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3133311031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3133311031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 3133311031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 3133311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian merupakan suatu hal yang sangat penting sebab dalam bertindak atau melakukan suatu kegiatan harus diserta dengan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut. Penelitian ini didasari terhadap permasalahan strategi guru PPKn dalam mengembangkan pembelajaran ekspositori menjadi pembelajaran inovatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PPKn dalam mengembangkan pembelajaran ekspositori menjadi pembelajaran inovatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Doloksanggul. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PPKn SMK Negeri 1 Doloksanggul yang berjumlah 3 orang dengan perincian dari kelas X-XII. Penelitian ini menggunakan total sampel seluruh guru PPKn. Variabel dalam penelitian ini adalah berkenaan mengenai strategi guru PPKn dalam mengembangkan pembelajaran ekspositori menjadi pembelajaran inovatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Doloksanggul, penulis menemukan bahwa guru masih mengajar dengan cara yang ekspositori, guru belum menerapkan pembelajaran inovatif, pembelajaran masih berorientasi pada guru dan siswa masih cenderung hanya mendengar. Materi, model, metode, media dan sumber belajar yang digunakan untuk mengeksplorasi potensi siswa dalam belajar kurang optimal untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga berdampak terhadap kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan kesimpulan guru harus mampu mentransferkan pemahaman pelajaran kepada siswa dan membangun suasana belajar inovatif. Guru harus berorientasi pada model, metode, media pembelajaran yang inovatif agar siswa memiliki semangat belajar dan materi yang disampaikan lebih bersifat kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK - 2017 PKN 007 |
Keywords: | Strategi, Pembelajaran Ekspositori, Pembelajaran Inovatif |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:57 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23034 |