Lubis, Naimah (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DI KELAS IX SMP AL HIDAYAH MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4122111011 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 4122111011 LEMBAR PENGASAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM 4122111011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 4122111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
5. NIM 4122111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 4122111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 4122111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM 4122111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM 4122111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
10. NIM 4122111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
14. NIM 4122111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. NIM 4122111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan SAVI di Kelas IX SMP Al Hidayah Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas IX SMP Al Hidayah Medan dan objek penelitian ini adalah pendekatan SAVI. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket, tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan peluang, angket untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa, dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika pendekatan SAVI diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan angket dan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan angket dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 2 orang dari 35 siswa atau 5,71% dengan rata-rata kelas 39,56 serta hasil angket motivasi belajar awal berkategori rendah. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan pendekatan SAVI menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 26 orang dari 35 siswa atau 74,29% dengan rata-rata kelas 68,27 dan hasil angket motivasi belajar siswa berkategori sedang. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa yang ketuntasan belajar 33 orang dari 35 siswa atau 94,29% dengan rata-rata kelas 80,79 dan hasil angket motivasi berkategori tinggi. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan SAVI di kelas IX SMP Al Hidayah Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan pendekatan SAVI sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 009 |
Keywords: | SAVI; Motivasi; Hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 01:43 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23000 |