Sinaga, Marangin (2006) EFEKTIVITAS FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ESA PRAKARSA KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 045030442 Cover.PDF - Published Version
Download (597kB) | Preview
2. 045030442 Daftar Isi.PDF - Published Version
Download (550kB) | Preview
3. 045030442 Abstrak.PDF - Published Version
Download (581kB) | Preview
4. 045030442 Bab I.PDF - Published Version
Download (709kB) | Preview
5. 045030442 Bab V.PDF - Published Version
Download (554kB) | Preview
6. 045030442 Daftar Pustaka.PDF - Published Version
Download (536kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektifitas fungsi-fungsi manajemen pendidikan sistem ganda pada SMK Esa Prakarsa Kabupaten Langkat, (2) Mengetahui efektifitas kepala sekolah dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen pendidikan sistem ganda pada SMK Esa Prakarsa Kabupaten Langkat, (3) Bagaimana kegiatan yang dilakukan antara personal yang ada pada SMK Esa Prakarsa Kabupaten Langkat serta sistem kerja berperan dalam pelaksanaan sistem ganda pada SMK Esa Prakarsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, yayasan, guru-guru, pimpinan perusahaan, serta siswa. Penelusuran informasi dihentikan jika tidak ditemukan lagi data yang baru. Selanjutnya dilakukan validasi data dengan triangulasi penggunaan bahan referensi, mengadakan member check, serta membandingkan hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi.Fokus masalah penelitian ini dalam pertanyaan sejauh manakah efektifitas fungsi manajemen pendidikan sistem ganda yang diterapkan dalam peningkatan mutu sekolah.Temuan penelitian menunjukkan bahwa efektifitas fungsi manajemen pendidikan sistem ganda meliputi beberapa aspek sebagai berikut: belum diadakannya sinkronisasi pendidikan dan pelatihan, belum diadakan pemetaan profit kemampuan, sinkronisasi dengan pekerjaan di dunia usaha dan industri belum terealisasi, majelis sekolah belum berfungsi secara efektif, belum adanya evaluasi untuk pembukaan dan penutupan program diktat, masih cenderung hanya memakai kurikulum sebagaimana adanya (tanpa analisis) uji kompetensi yang masih kurang sempurna.Selanjutnya, penulis mengajukan rekomondasi yaitu: (1) Di dalamimplementasi efektifitas fungsi-fungsi manajemen pendidikan sistem ganda diperlukan adanya otoritas majelis sekolah untuk melaksanakan program PSG, (2) Untuk peningkatan kualitas dari pendidikan sistem ganda, hendaklah diadakan kesepakatan antara pembimbing dengan instruktur di DU/DI untuk mengadalcan PSG, dan (3) Hendaklah memfungsikan majelis sekolah yang ada agar jelas fokus kegiatan yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.200 68 Sin e |
Keywords: | Manajemen pendidikan; Manajerial; Pendidikan sistem ganda; Kurikulum; Pelatihan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2298 |