Sinaga, Rini (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN RAMBUT SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122144008 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 5122144008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 5122144008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 5122144008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM. 5122144008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 5122144008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 5122144008 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 5122144008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM. 5122144008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM. 5122144008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM. 5122144008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar Kecantikan Rambut Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 32 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin pada tanggal 11 november 2016 diperoleh 40 soal yang valid dari 50 soal, indeks kesukaran tes diperoleh 46 soal sedang dan 4 mudah, daya beda 14 soal jelek, 20 soal cukup, dan 16 soal baik, uji realibilitas tes diperoleh 0,91 (sangat tinggi). Adapun lembar observasi bertujuan untuk melihat aktivitas siswa dalam penelitian ini yang terdiri dari dua orang observer yaitu guru dan dibantu dengan peneliti. Berdasarkan hasil observasi awal atau siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal ≥ 75 adalah 50% dan nilai rata-rata kelas 71,53% dan observasi di siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal ≥ 75 adalah 75% dan nilai rata-rata kelas 77,37%. Setelah pemberian tindakan I diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 6,25% dan nilai rata-rata 60,45, setelah pemberian siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar yaitu 81,25% dan nilai rata-rata kelas 84,11. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pretes ke siklus I terdiri dari I pertemuan adalah 18.40% dan siklus II terdiri dari I pertemuan adalah 75% tahapan Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan reffleksi (reflecting). Adapun selisih nilai setiap siklus adalah 23,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar dasar kecantikan rambut pada siswa smk tata kecantikan Smk Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 007 |
Keywords: | Model pembelajaran; Quantum teaching; Hasil pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Feb 2017 03:01 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22978 |