Mulia, Nanda (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA MELALUI VARIASI PERMAINAN DENGAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6121111027 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM 6121111027 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. NIM 6121111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM 6121111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 6121111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 6121111027 DAFTAR TABE1.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 6121111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 6121111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 6121111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 6121111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 6121111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalui variasi permainan dengan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan yang terdiri dari 32 siswa dimana jumlah siswa laki-laki 22 dan jumlah siswa perempuan 10, objek dalam penelitian ini adalah melalui variasi permainan dengan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing dengan kaki bagian dalam sepakbola.
Dari Hasil (pre-tes) dari 32 siswa terdapat 4 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 12,5% dan yang tidak tuntas 28 siswa yaitu sebesar 87,5% untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik Passing Sepakbola. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32 orang siswa terdapat 13 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 40,63% dan yang tidak tuntas 19 siswa yaitu sebesar 59,37% . Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (< 85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32 orang siswa terdapat 28 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 87,5% dan yang tidak tuntas 4 siswa yaitu 12,5%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(> 85%) telah tercapai.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 13,18 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 46,87%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui variasi permainan dengan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam sepakbola pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 004 |
Keywords: | pendidikan Jasamani, Belajar Menganjar, Sepakbola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 09:56 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22974 |