Marpaung, Parwis H (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG PADA PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEKAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6121111030 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM 6121111030 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
3. NIM 6121111030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4. NIM 6121111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM 6121111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 6121111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 6121111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 6121111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 6121111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM 6121111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 6121111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajar servis panjang pada permainan bulutangkis dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik servis panjang bulutangkis sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 7 siswa (23,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (76,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar servis panjang pada permainan bulutangkis dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 003 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Bulutangkis |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 09:43 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22971 |