Zega, Vins Enjelin T. (2004) POLA PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) SAMPALI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
015030081- Cover.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
015030081- Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
015030081- Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
01503008-Abstrak.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
015030081- Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
015030081- Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Sampali Medan. Permasalahan penelitian adalah:1) menemukan bagaimana perilaku pimpinan SPN Sampali Medan sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan Bintara Polisi dalam proses memimpin dan membina seluruh personil agar diperoleh lingkungan kerja yang kondusif dan harmonic.2) menemukan bagaimana pemimpin melaksanakan bimbingan bagi para tenaga pendidik di SPN Sampali Medan.Menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala SPN Sampali Medan dan pemilihan informan lainnya (beberapa staff SPN Sampali Medan) yang meliputi semua kegiatan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik : observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif dari Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan konsep trustworthiness yang terdiri dari kredibilitas, transferabilitas (generalisasi), dependabilitas dan konfirmabilitas.Hasil penelitian ini mengungkap bahwa untuk menjadi Kepala SPN sebaiknya sudah pernah mengikuti Sekolah Staf Pimpinan Polisi (Sespimpol), disamping itu dukungan latar belakang pendidikan polisi yang pernah diikuti, telah berpangkat minimal AKBP Senior dan pengalaxnan tugas. Pola perilaku kepemimpinan yang terjadi di SPN Sampali Medan dalam bentuk kepemimpinan Autokratis-Demokratis dan juga gaya Eksekutif, bersifat konsultatif, dan juga sebagai supervisi. Karakter pimpinan yang terbentuk mendekati karakteristik Developer dan memenuhi 12 (dua belas) atribut kepemimpinan. Koordinasi dilaksanakan pimpinan dengan personil melalui rapat staf pimpinan dan peninjauan langsung di lapangan, serta menerapkan komunikasi terbuka atau juga komunikasi dua arab. Upaya bimbingan bagi pars personil terutama tenaga pendidik di SPN Sampali Medan dilakukan melalui Apel pagi atau siang, rapat tenaga pendidik (Gadik), rapat gelar operasional pendidikan (gelar Opsdik) dan dalam pertemuan baik itu berbentuk formal atau tidak formal. Sedangkan untuk pengembangan sumber daya manusia diarahkan dalam bentuk penataran Gadik, pendidikan Akta IV, pendidikan kejuruan polisi yang belum pernah diikuti sebelumnya dan mengikuti kursus dalam penguasaan komputer dan bahasa Inggris. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan yang akan dihasilkan.Hasil penelitian ini memberi implikasi bahwa pola perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Sampali hendaknya dapat diarahkan pada pemberdayaan potensi yang ada di masing-masing personil terutama pada tenaga pendidik (Gadik) untuk mencapai tujuan pendidikan Bintara Polri kearah yang lebih profesional di tengah masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Zeg p |
Keywords: | Sekolah polisi; Koordinasi; Intensitas bimbingan; Instruktur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2295 |