Situmorang, Mariaman (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN PRODUKSI SMK NEGERI 2 TANJUNGBALAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5101121012 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02. NIM. 5101121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
03. NIM. 5101121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
04. NIM. 5101121012 PREPACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
05. NIM. 5101121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
06. NIM. 5101121012 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
07. NIM. 5101121012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
08. NIM. 5101121012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
09. NIM. 5101121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
013. NIM. 5101121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
014. NIM. 5101121012 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik mata pelajaran Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Mesin Produksi di SMK Negeri 2 Tanjungbalai tahun ajaran 2016/2017. Menggambar Teknik merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Mesin Produksi. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Mesin Produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TPSMK Negeri 2 Tanjungbalai terdiri dari 30 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda dan Esay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar Menggambar teknik mata pelajaran Menggambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Mesin Produksi di SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 40% pada siklus I dan 86,67% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 61,17 pada siklus I dan 82 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 002 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe team quiz; Hasil belajar siswa; Menggambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 09:24 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22926 |