Gunawan, Agus (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA TINGKAT X PROGRAM KEAHLIAN MESIN PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5111121001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM. 5111121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
03. NIM. 5111121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
04. NIM. 5111121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
05. NIM. 5111121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
06. NIM. 5111121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 5111121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 5111121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
09. NIM. 5111121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
013. NIM. 5111121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
014. NIM. 5111121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TAIpada mata pelajaran menggambar teknik kelas X-MP; 1) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik X-MP; 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI dengan TPS pada mata pelajaran pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik kelas X-MP. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Juli 2016. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MP di SMK 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontroldengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 63 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran TAI dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran TPS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes objektif pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik.Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran TAI dan TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata 82,22 pada kelas eksperimen dan 84,14 pada kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah dilakukan uji ‘t’ diperoleh nilai thitungsebesar -0,809dan ttabel sebesar 1,6683 atau thitung<ttabel. Dapat disimpulkan Ha diterima dan menolak HO, menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pengenalan dan penggunaan peralatan serta kelengkapan gambar teknik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran TPS pada siswa kelas X MP SMK Negeri1 Percut Sei Tuan 2016/2017.