Safi’i, Rahman (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK SWASTA PUTRA JAYA STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5112121005 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
02. NIM. 5112121005 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
03. NIM. 5112121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
04. NIM. 5112121005 PREPACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
05. NIM. 5112121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
06. NIM. 5112121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM. 5112121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
08. NIM. 5112121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM. 5112121005CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
013. NIM. 5112121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
014. NIM. 5112121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, media pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Lactora Inspire, Camtasia Studio 7, dan AMR to MP3 Converter. Bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran. Media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik Pemesinan Jurusan Teknik Pemesinan SMK Swasta Putra Jaya Stabat berjumlah 10 orang. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan baik dengan skor pada panduan penggunaan media, skor kelayakan media pembelajaran adalah 3,60 pada konten atau/isi coursware, dan skor kelayakan materi pada media pembelajaran adalah 3,65. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, siswa memberikan nilai pada uji coba I dan II juga mencapai indikator kelayakan Baik sebesar 3,76 dan 3,83. Dengan demikian, pengembang media pembelajaran layak dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk media pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 004 |
Keywords: | Pengembangan multimedia interaktif; Software lectora; Mengukur dengan alat ukur mekanik presisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 08:59 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22922 |