Ompusunggu, Masry (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5134131002 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM. 5134131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
NIM. 5134131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM. 5134131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
NIM. 5134131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
NIM. 5134131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM. 5134131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
NIM. 5134131002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
NIM. 5134131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
NIM. 5134131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM. 5134131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan ekspositori. Metode yang di pergunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen yaitu memberikan perlakuan yang berbeda
kepada dua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan pada kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian terbagi atas dua kelas dan secara acak ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. X TIPTL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan perlakuan
strategi pembelajaran ekspositori dan X TIPTL 2 sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan perlakuan discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Hasil Uji yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar pekerjaan dasar
elektromekanik dengan materi peralatan tangan yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dimana Lo= 0,181< Ltabel= 0.886 pada taraf signifikansi α = 5% adalah berdistribusi normal dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik dengan materi peralatan tangan yang diajarkan dengan strategi ekspositori dimana Lo= 0.0948 < Ltabel= 0.886 pada taraf signifikansi α = 5% adalah berdistribusi normal. Dari hasil pengujian pada taraf 0,05 diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,42 > 1,658 menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terahadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELEK 001 |
Keywords: | Hakikat belajar mengajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Elektromekanik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 08:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22915 |