Lubis, Nova Valentina (2009) PERBEDAAN PEMAHAMAN ISI WACANA YANG MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN METODE PROSEDUR KLOSE SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
comper.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pemahaman isi
wacana yang menggunakan metode SQ3R hasil pemahaman isi wacana yang
menggunakan metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP
Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah
130 orang dan sampel penelitian dilakukan terhadap 64 siswa kelas VIII SMP
Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak).
Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 32 siswa kelompok
ekperimen dan 32 siswa kelompok kontrol.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah hasil pemahaman isi
wacana yang menggunakan metode SQ3R, hasil pemahaman isi wacana yang
menggunakan metode prosedur klose, dan perbedaan hasil pemahaman isi wacana
antara yang menggunakan metode SQ3R dengan metode prosedur klose oleh
siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan Tahun Pembelajaran
2008/2009.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen,
yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses
gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah tes dalam bentuk objektif (objektif tes).
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan hasil pemahaman isi wacana yang
menggunakan metode SQ3R oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame
Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009 adalah baik dengan nilai rata-rata 70,13.
Hasil pemahaman isi wacana yang menggunakan metode prosedur klose adalah
cukup dengan nilai rata-rata 65,44. Selanjutnya ada perbedaan yang signifikan
hasil pemahaman isi wacana antara yang menggunakan metode SQ3R dengan
metode prosedur klose oleh siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame
Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009 di mana nilai t hitung > t tabel(0,05), yakni
14,21 > 2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Wacana,Narasi,Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 07:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22888 |