Munthe, Bernardi Helena (2009) EFEKTIVITAS TEKNIK INGATAN BAYANGAN MAJU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
PENGESAHA PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
RPP.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Uji Kategori Eksperimen.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan
menulis karangan narasi siswa menggunakan teknik ingatan bayangan maju dengan
teknik linier dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa
kelas XI SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2008/2009. Populasi adalah
siswa kelas XI yang berjumlah 200 orang. Dari populasi, ditetapkan sampel secara
acak sebanyak 50 orang dan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, kelompok
teknik ingatan bayangan maju, kedua, kelompok teknik linier.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes
kemampuan menulis karangan narasi yang diujikan setelah masing-masing kelompok
mendapat perlakuan menggunakan teknik ingatan bayangan maju dan teknik linier.
Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel X dan variabel Y
diperbandingkan satu sama lain. Analisis pebandingan yang digunakan adalah
statistik “t”.
Dari hasil perbandingan kemampuan menulis karangan narasi dari kedua
kelompok penelitian, disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar menulis narasi
yang signifikan antara teknik ingatan bayangan maju dengan teknik linier oleh siswa
kelas XI SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2008/2009. Hal ini berdasarkan
penghitungan dengan uji “t” diperoleh nilai to = 5,66 kemudian dikonsultasikan
dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan dk = (N1 – N2) ternyata
to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,01 < 5,66 > 2,69 sehingga hipotesis
diterima. Perbedaan tersebut membuktikan bahwa teknik ingatan bayangan maju
efektif digunakan dalam menulis karangan narasi.
Skor antara variabel X dan variabel Y juga berbeda (lebih besar variabel X).
Ini berarti kemampuan menulis karangan narasi melalui teknik ingatan bayangan
maju lebih baik dibandingkan dengan kemampuan menulis karangan narasi melalui
teknik linier. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknik ingatan bayangan
maju lebih efektif digunakan dalam menulis karangan narasi dibandingan dengan
model teknik linier.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Menulis,Karangan Narasi,Merangkai Peristiwa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 04:31 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22870 |