Fitri, Aidi (2009) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI I TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2008-2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. CAVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
11. BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan
membaca cepat dan penalaran terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok
paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri I Tanjung Pura tahun
pembelajaran 2008-2009. Penelitian ini dilakukan di kelas X 3 SMA Negeri
Tanjung Pura. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 36 orang yang
diambil dari 144 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
cluster sampling.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Metode ini
digunakan mengingat data yang dibutuhkan sudah ada (melekat pada sampel)
sehingga penelitian bertujuan untuk menggambarkan kadar hubungan (korelasi)
data-data yang dinginkan. Dalam hal ini peneliti tidak mengajar melainkan hanya
mendeskripsikan keberhasilan guru dalam melatih siswa untuk melakukan
membaca cepat dan keberhasilan siswa mengaplikasikan hal tersebut.
Setelah dilakukan perhitungan, maka diperoleh koefisien korelasi
berganda r 1 2 X X y sebesar 0,82, untuk n = 36 pada taraf signifikan 5%, diperoleh
haga r tabel sebesar 0,25. Karena harga r 1 2 X X y (0,82) > r tabel (0,25), maka
hipotesis penelitian yang mengatakan, “Hubungan Kemampuan Membaca Cepat
dan Penalaran Terhadap Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok Paragraf
Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Pura Tahun
Pembelajaran 2008-2009”, kebenarannya dapat diterima dan teruji secara empiris.
Dengan hasil pengujian demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi
kemampuan membaca cepat seorang siswa dan kemampuan penalaran, maka
semakin tinggi pula kemampuannya dalam menentukan ide pokok paragraf
argumentasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Teknik Membaca Cepat ,Penguasaan Penalaran, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 08:02 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22866 |