Elfiyani (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM SISWA KELAS X MAN LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146192005 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 8146192005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
3. NIM 8146192005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM 8146192005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM 8146192005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 8146192005 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 8146192005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 8146192005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 8146192005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
13. NIM 8146192005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 8146192005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar dalam bentuk modul teks prosedur kompleks berbasis nilai-nilai Islam dan mengetahui kelayakan serta keefektifan produk tersebut. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian yang disederhanakan sampai dengan uji coba produk. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia Madrasah Aliyah Negeri Lubuk Pakam, dan siswa kelas X MAN Lubuk Pakam berjumlah 35 orang sekaligus sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data berupa angket penilaian. Analisis yang dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke dalam data kualitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar berupa modul dalam bentuk media cetak, yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi, ahli desain, dan guru bahasa Indonesia sebagai sumber belajar dan alat bantu pembelajaran. Kelayakan materi ajar pembelajaran sesuai dengan hasil validasi. Penilaian modul oleh ahli materi pada aspek kelayakan isi memiliki rata-rata 82,35% termasuk dalam kategori sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 82,69% termasuk dalam kategori sangat baik, penilaian bahasa memiliki rata-rata 82,69% dengan kategori sangat baik. Penilaian modul oleh ahli desain memiliki rata-rata 85% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian modul oleh guru bahasa Indonesia produk modul memiliki rata-rata 90,44% termasuk dalam kategori sangat baik. Perbandingan rata-rata skor pretes 70,57% dan postes 78,77% tampak nyata menunjukkan perbedaan berdasarkan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan efektif dan layak dipakai sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 415.071 2 Elf p |
Keywords: | Bahan ajar; Teks prosedur kompleks; Nilai-nilai islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22855 |