Tinambunan, Jonner (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS NARASI SEJARAH BERBASIS LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA SIMALUNGUN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 091317 PAMATANG RAYA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146192014 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 8146192014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (889kB) | Preview
3.NIM 8146192014KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 8146192014 ABSTRAK INDONESIA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5.NIM 8146192014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 8146192014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM 8146192014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
13. NIM 8146192014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8.NIM 8146192014 BAB I.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
12. NIM 8146192014 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan kajian ini adalah: (1) Menghasilkan bahan ajar teks narasi sejarah berbasis lingkungan sosial dan budaya simalungun yang layak, mudah dan menarik digunakan, (2) Mengetahui efektifitas pengujian produk bahan ajar teks narasi sejarah berbasis lingkungan sosial dan budaya simalungun. (3) Mengetahui kelayakan bahan ajar teks narasi sejarah berbasis lingkungan sosial dan budaya Simalungun, Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Menurut Richey dan Nelson (dalam Sinaga, 2007: 129), penelitian pengembangan berorientasi pada pengembangan produk dimana proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data–data yang dikumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan : (1) uji ahli materi bahan ajar termasuk dalam kategori baik (70%), (2) uji ahli desain bahan ajar pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat baik (80%), dan uji kelompok siswa berada dalam kualitas sangat baik (78%). sedangkan hasil pengujian efektifitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan bahan ajar teks narasi sejarah berbasis lingkungan sosial dan budaya simalungun dengan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar teks teks narasi saja hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh Setelah uji t diperoleh , selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan dk =(N1 + N2) -2 = (30-30)—2= 58. Pada tabel t dengan dk =58 diporeleh taraf signifikan 5% = 2,01 dan taraf signifikan 1% = 2,68 ternyata yaitu 2,33 1,17 2,68. Maka Hipotesis alternative (Ha) diterima. Sehingga, Disimpulkan pengembangan bahan ajar teks narasi sejarah berbasis lingkungan sosial dan budaya Simalungun pada siswa kelas V SDN 091317 Pamatang raya efektif dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 415.071 Tin p |
Keywords: | Teks narasi; Lingkungan sosial; Budaya simalungun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 03:16 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22849 |