Sidauruk, Rini Meilinda Monica (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI. Masters thesis, UNIMED.
8106172048 Judul.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8106172048 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
8106172048 Abstrak.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8106172048 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8106172048 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
8106172048 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8106172048 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8106172048 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8106172048 Bab I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
8106172048 Bab V.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
8106172048 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan tanggung jawab belajar siswa serta peningkatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran siswa di SMP Swata Perguruan Katolik Asisi Medan. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SLPDV) dianalisis signifikansi perbedaan hasil postest kelas eksperimen (kelas TPS) dengan kelas kontrol (kelas pembelajaran biasa). Setelah diketahui bahwa data Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa dan hasil postest kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran TPS terhadap peningkatan tanggung jawab belajar siswa dianalisis, korelasi hasil postest dengan skor tanggung jawab belajar siswa berdasarkan perbedaan koefisien korelasi KAM siswa kategori rendah dengan KAM siswa kategori tinggi. Sementara peningkatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran siswa dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS ( think-Pair-Share), (ttabel = 2.056) : Koefisien, korelasi, ternormalisasi kelompok siswa kelompok KAM rendah (thitung = 10.46) lebih besar dibanding siswa pada kelompok KAM tinggi (thitung = 0.04), dan ada interaksi antara hasil postest dan skor tanggung jawab belajar siswa umumnya di kelas eksperimen terutama pada kelompok siswa KAM rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat dianjurkan untuk mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe TPS, sekaligus untuk lebih menghomogenkan kemampuan matematika siswa. Saran selanjutnya diharapkan kepada guru, lembaga terkait dan peneliti selanjutnya adalah agar pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran matematika menekankan pada kemampuan pemecahan masalah matematika dan tanggung jawab belajar siswa dan menjadikan pembelajaran kooperatif tipe TPS sebagai salah satu alternative untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sid p |
Keywords: | Pemecahan masalah matematika; Tanggung jawab belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:34 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22839 |