Hutagaol, Anita Sri Rejeki (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8136171009 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM. 8136171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
03. NIM. 8136171009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
04. NIM. 8136171009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
05. NIM. 8136171009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
06. NIM. 8136171009 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
07. NIM. 8136171009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
08. NIM. 8136171009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
09. NIM. 8136171009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
013. NIM. 8136171009 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
014. NIM. 8136171009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektifitas perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa, 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah, 3) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, meliputi proses define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Hilir. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) koefisien validitas perangkat pembelajaran sebesar 4,61 dengan kriteria sangat valid, 2) reliabilitas hasil uji coba tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk postes I sebesar 0,805, postes II sebesar 0,806, postes III sebesar 0,805, dan postes IV sebesar 0,882 dengan kategori sangat tinggi, 3) hasil uji pengembangan: pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,53 kategori cukup baik, pencapaian persentase waktu ideal memenuhi kriteria toleransi 5%, hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 89,71, dan hasil angket respon siswa dengan kriteria sangat positif, 4) kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan disposisi siswa sebelum menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Hut p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; PBM; Model pengembangan 4-D; Kemampuan pemahaman konsep; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 08:58 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22830 |